Wednesday, 30 July, 2014
You are here : Home Syarat Penulisan

Syarat Penulisan

PERSYARATAN NASKAH UNTUK JURNAL ILMIAH PARIWISATA
  • 1. Naskah diketik dengan menggunakan komputer, program yang dipakai adalah Microsoft Word for Windows, dengan ukuran 2 spasi, jumlah ha-laman berkisar antara 14 sampai 20 halaman ukuran kwarto di dalam-nya sudah termasuk gambar, tabel, ilustrasi dan daftar pustaka.  Margin kanan, atas dan bawah 3 cm dan kiri 4 cm.  Naskah dikirimkan dengan dua copy print out dan satu copy file ke alamat redaksi (Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti), sedangkan  pengiriman  file dapat  melalui email redaksi at jurnalpariwisata dot com.
  • 2. Naskah berupa hasil penelitian atau kajian pustaka (essay) yang setara dengan hasil penelitian, bersifat objektif, analitis dan sistematis.
  • 3. Sistematika penulisan sesuai dengan bidang ilmu masing-masing, yang secara garis besarnya memuat abstract/sari, (jika makalah dalam Bahasa Indonesia, maka abstract/sari-nya harus menggunakan bahasa Inggris demikian pula sebaliknya), serta harus mencantumkan kata kunci (key words).  Abstract/sari ditulis dalam satu paragraf dengan jumlah kata tidak lebih dari 150 kata.
  • 4. Artikel (hasil penelitian) memuat:
Judul
Nama Penulis dan alamat email
Abstract/Sari
Kata Kunci/Keyword
Pendahuluan (memuat permasalahan, tujuan dan sedikit kajian pustaka dengan sub judul sesuai dengan kebutuhan)
Metode Penelitian
Hasil dan Pembahasan
Kesimpulan (dan Saran apabila diperlukan)
Daftar Pustaka
  • 5. Artikel/Essay (setara hasil penelitian) memuat:
Judul
Nama Penulis dan alamat email
Abstract/Sari
Kata Kunci/Keyword
Pendahuluan (tanpa sub judul)
Sub Judul (disesuaikan dengan kebutuhan)
Sub Judul (disesuaikan dengan kebutuhan)
Kesimpulan  
Saran apabila diperlukan
Daftar Pustaka
  • 6. Teknik pengutipan mengikuti format author date page (ADP) dengan mencantumkan nama pengarang dan tahun penerbitan yang dikurung untuk teks pada awal atau tengah paragraf serta keseluruhan nama dan tahun dimasukkan kurung untuk teks akhir paragraf .
  • 7. Penulisan daftar pustaka mengikuti format author date page (ADP) dengan mencantumkan (a) untuk buku : nama penulis, editor (bila ada), tahun penerbitan, judul lengkap buku, volume, edisi, penerbit, kota (b) untuk terbitan berkala: nama-nama penulis, tahun penerbilan, judul tulisan, nama berkala, volume, penerbit, kota.  Contoh penulisan pustaka adalah sebagai berikut:
    • Boo, E. 1992. The Ecotourism Boom: Planning For Development And Man-agement. Wildlife and Human Needs Program of the World Wildlife Fund, Washington, DC.
    • Yoeti, Oka A. 2000. Pemikiran ke Arah Pariwisata Sebagai Disiplin Ilmu. Jurnal Ilmiah Pariwisata. Vol. 5 No 1 Agustus 2000, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STP Trisakti, Jakarta.
  • 8. Untuk naskah berbahasa Indonesia ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sedangkan untuk naskah berbahasa Ing-gris dapat digunakan gaya American English atau British.
  • 9. Naskah asli, belum pernah dipublikasikan di media lainnya.
  • 10. Hindari penggunaan bahasa asing, kecuali bila diperlukan dan penulisannya dengan menggunakan tulisan miring.
  • 11. Naskah yang masuk serta pemuatan dalam jurnal merupakan hak prerogatif penyunting dan dijadikan bank data serta tidak dapat diganggu gugat.  Naskah yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan kecuali pengiriman naskah disertai dengan perangko balasan.
  • 12. Sistematika penulisan sesuai dengan bidang ilmu masing-masing, secara garis besar memuat abstrak, (jika makalah dalam Bahasa Indonesia, maka abstraknya harus menggunakan bahasa Inggris demikian pula sebaliknya), serta harus mencantumkan kata kunci (key words).  
  • 13.  Kepastian penerimaan, penolakan dan pemuatan naskah akan diberitahukan kepada penulis secara tertulis atau dengan media lainnya.  

 


 

Random Image

jip-1322008.jpg
STP Trisakti